Hei Penonton JALANAN di Bioskop, Kalian Keren!!

10 April 2014. Adalah sebuah tanggal yang sangat berarti bagi kami, tim kecil JALANAN. Pada hari Kamis itu, untuk pertama kalinya JALANAN ditayangkan di tiga bioskop di Jakarta untuk umum. Gembira sekaligus was-was yang sudah kami rasakan sejak sebulan sebelumnya (iya, kami hanya punya waktu sebulan untuk mempersiapkan rilis JALANAN di bioskop!) memuncak pada hari itu. Betapapun kami yakin bahwa JALANAN pantas mendapatkan kesempatan ini, tidak bisa dipungkiri bahwa kami juga merasa kecil hati, mengingat sebegitu tidak familiarnya publik dengan film dokumenter-di bioskop pula.

Sempat terbayang di benak kami bahwa JALANAN akan pendek umurnya di layar bioskop yang hanya tiga (XXI Blok M Square, XXI Plaza Senayan, dan Blitzmegaplex Grand Indonesia) di hari itu. Janji jaringan bioskop 21 untuk membawa JALANAN ke kota-kota lain di Indonesia pun kami pegang dengan setengah hati, mengingat satu-satunya hal yang akan membuat mereka menepati janji ini adalah penjualan tiket. Belum lagi gempuran film-film Hollywood yang memang selalu memuncak di musim panas, atau lebih dikenal dengan masa summer movies.

Film-film box office yang 'menghantam' JALANAN di bioksop

Namun, layaknya kejutan-kejutan yang disuguhkan oleh film ini, umur JALANAN di bioskop pun mengejutkan kami. JALANAN ditayangkan selama 40 hari, merambah delapan layar bioskop, dan menyambangi lima kota! Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Yogyakarta adalah kota-kota yang kami sambangi setelah Jakarta. Kami bahkan mendapat kehormatan untuk diputar di gedung KPK-sebuah instansi yang kami hormati di negara ini-di hadapan seluruh staf KPK pada tanggal 30 April lalu, dengan Bapak Abraham Samad sendiri sebagai tuan rumahnya.

Atas kejutan-kejutan ini, kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada kalian semua yang telah menyisihkan waktu dan uang untuk menonton JALANAN di bioskop, kalian semua yang telah memberikan kesempatan kepada Boni-Titi-Ho untuk menceritakan tentang Jakarta dan Indonesia dari mata mereka. Tanpa kehadiran kalian di hadapan layar perak itu, kejutan-kejutan ini tidak akan kami dapatkan.

Kami tahu kalian membujuk, menghasut, bahkan menyeret paksa pacar, teman, pacar teman, dan keluarga kalian untuk menonton JALANAN di bioskop. Dan kami sungguh menghargai semua ini.

Kami masih berharap JALANAN akan ditayangkan di lebih banyak lagi layar dan kota di Indonesia, kali ini dengan jauh lebih optimis dan besar hati. Dan lagi-lagi, semua ini bisa terjadi karena kalian-penonton JALANAN. Terima kasih! Kalian keren!!

 

* Semua foto adalah kontribusi dari para penonton JALANAN yang masuk ke berbagai channel sosial media kami, dan bisa dilihat juga di halaman Facebook kami. Terima kasih! :)