Sepucuk Surat untuk Indonesia dari Sutradara JALANAN, Daniel Ziv

"Di Jakarta masih ada harapan." 

Dalam 6 tahun terakhir ini saya bekerja bersama sebuah tim kecil untuk membuat sebuah film yang sangat istimewa tentang Jakarta dan Indonesia. Film berjudul JALANAN yang dibuat dengan tulus dari hati ini bercerita mengenai kehidupan 3 orang muda dengan karakter luar biasa, yang juga telah menjadi sahabat saya.

Boni, Ho dan Titi adalah 3 orang pengamen karismatik jenaka dan berbakat dengan cerita kehidupan menakjubkan yang tidak bisa tidak harus diungkapkan ke layar lebar. Kalian akan tersentuh oleh humor, musik, kearifan, serta keteguhan dan semangat mereka terlepas dari keadaan serba kesulitan yang mereka hadapi.

Beberapa hari yang lalu JALANAN dirilis di Jakarta melalui studio XXI Plaza Senayan dan Blok M Square, serta Blitz Megaplex Grand Indonesia. Kami berharap film ini selanjutnya juga akan diputar di bioskop-bioskop Jogjakarta, Makasar, Bali dan Surabaya.

Sebagaimana yang kita ketahui, sangat tidak biasa di Indonesia untuk merilis film dokumenter seperti JALANAN di bioskop. Film dokumenter sering dianggap membosankan, berat, edukatif dan terlalu serius. (Dan kita bisa mengerti mengapa: Saya pernah menonton beberapa film dokumenter yang membuat saya ingin bunuh diri segera setelah saya selesai makan popcorn caramel saya).

Setelah menyaksikan JALANAN, Studio XXI dan Blitz Megaplex langsung paham bahwa ini adalah sebuah film dokumenter yang berbeda. JALANAN begitu berwarna, menghibur, sarat musik, penuh humor, dan yang terpenting, film ini benar-benar menangkap drama kehidupan manusia. Banyak penonton menanyai kami langsung sekedar memastikan bahwa JALANAN bukan kisah fiksi, sebab mereka tak menyangka sebuah film dokumenter bisa semenarik ini lalu membentuk rangkaian ‘kisah’. 

Sebagai seorang sutradara, saya percaya bahwa film dokumenter memiliki kewajiban untuk mengikat penonton. Film dokumenter harus menyenangkan, tidak takut untuk menghibur, tidak boleh membosankan. Kehidupan nyata setidaknya seberwarna, selucu dan sebijak cerita yang dikarang sedemikian rupa. Dan penonton yangmenghabiskan waktu mereka yang berharga untuk menyaksikan sebuah film dokumentar tidak seharusnya merasa seperti mengerjakan PR.

Bagaimanapun, jaringan bioskop adalah sebuah bisnis, dan mereka bertujuan untuk menjual tiket. Studio XXI dan Blitz Megaplex akan selalu memprioritaskan film-film aksi Hollywood yang ‘aman’, dan itulah mengapa mereka hanya memberi 3 layar untukJALANAN. Bertahan di bioskop akan menjadi sebuah tantangan sulit. Kami berbagi teater dengan beberapa film blockbuster Hollywood. Karenanya, dengan dana terbatas yang kami miliki, kami harus berusaha untuk mempromosikan JALANAN seefektif mungkin.

Kesempatan yang kami miliki tipis: jika tidak ada cukup penonton yang menyaksikanJALANAN, film ini akan ditarik dari bioskop hanya setelah 3-4 hari penayangan. Tetapi, jaringan bioskop telah menjanjikan pada kami jika ada banyak penonton yang menyaksikanJALANAN, mereka akan membuka lebih banyak layar untuk JALANAN, termasuk di kota-kota di luar Jakarta seperti Jogja, Bandung, Surabaya dan Bali.

Oleh karena itu, saya meminta kepada Anda semua untuk memberikan kami kesempatan. Pertama-tama, saksikan JALANAN di bioskop dan nikmati sebuah film Indonesia yang orisinil dan menghibur, yang akan menyentuh hati anda semua dan membuat anda semua bangga. Film ini dijamin akan membuat anda tertawa, membuat anda berpikir dan membuat anda semua melihat Jakarta & Indonesia kita dengan cara yang berbeda. Selain itu Anda akan mengenal bintang film baru yang begitu tak biasa dari kebanyakan artis Indonesia, yaitu sahabat-sahabat saya, 3 orang pengamen jalanan gila: Titi, Boni & Ho. Saya sangat yakin kalian akan jatuh cinta dengan mereka seperti saya.

 

Selain itu, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mendukung JALANAN.

Tweet, Path, Post!

Post di Facebook, tweet, email, mohon, ancam & perjuangkan! Kami butuh semua dukungan yang bisa kami dapatkan. Sekarang atau tidak sama sekali.

Ini beberapa link untuk membantu anda semua menyebarkan bibit propaganda secara profesional :

Trailer JALANAN: http://www.youtube.com/watch?v=TtIOFyNyF6U

Situs JALANAN: http://www.jalananmovie.com/

Facebook JALANAN (banyak updates & foto2 keren di sini):www.facebook.com/JalananMovie

JALANAN on Twitter: www.twitter.com/JalananMovie (@JalananMovie)

JALANAN on Instagram: www.instagram/JalananMovie

(Boleh juga komporin mention @Cinema21 dan @BlitzMegaplex di Twitter :)

 

NoBar JALANAN!

Ini bagian asiknya: kumpulkan 10 orang (lebih banyak lebih baik) teman, atau rekan kerja

(atau genk arisan ibumu yang heboh) & tonton JALANAN di bioskop. Dapatkan merchandise JALANAN gratis & (mungkin) foto-foto bareng ‘bintang’ utama JALANANBoni, Ho & Titi langsung di sinema (Yup, mereka akan ada di sana! Dan mereka tidak sabar bertemu dengan para penonton film mereka!). Untuk info lebih lanjut :www.jalananmovie.com/nobarjalanan

Akan sangat membantu juga jika Anda ikut menyebarluaskan surat ini kepada teman & rekan!

Terima kasih & salam jalanan,

 

Daniel Ziv

Sutradara/Produser JALANAN